Senin, 03 Februari 2014

Tips dalam menghadapi ujian hidup


Dalam menghadapi kehidupan, adakalanya kita sebagai makhluk ciptaan Allah selalu diberi ujian disetiap hembusan nafas kita. bagaimanapun bentuknya, bagaimanapun rasanya semua akan sangat terasa indah jika kita bisa menikmati ujian tersebut dengan senyum bahagia. Bagaimana agar kita bisa tetap semangat, energic, selalu tersenyum disetiap ujian yang diberikan kepada kita? berikut adalah tips dalam menghadapi cobaan hidup:


1. Mengimani Takdir Ilahi
          Setiap mengahadapi cobaan hendaklah seseorang tahu bahwa memang sudah Allah takdirkan 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi. "Allah telah mencatat takdir setiap makhluk sebelum 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi." (Nabi Muhammad SAW)


2. Yakinlah, ada hikmah dibalik cobaan
          Hendaknya setiap mukmin mengimani bahwa setiap yang Allah kehendaki pasti ada hikmah dibalik itu semua, baik hikmah tersebut kita ketahui ataupun tidak kita ketahui. "Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya kami ciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? Maha Tinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan (yang mempunyai) 'Arsy yang mulia." (QS. AL Mu'minun: 115-116)

3. Masih banyak meusibah yang lebih sulit dari pada yang kita alami
          Ingatlah bahwa musibah yang kita hadapi masih belum seberapa dibandingkan dengan orang-orang yang lebih menderita dibandingkan kita. "Siapa saja yang merasa berat ketika menghadapi musibah, maka ingatlah musibah yang menimpaku. Ia tentu akan merasa ringan menghadapi musibah tersebut." (Nabi Muhammad SAW)

4. Ketahuilah bahwa semakin kuat iman, memang semakin akan diuji
          Dari Mush'ab bin Sa'id." Wahai Rasulullah, manusia manakah yang paling berat ujiannya?" Beliau Sahallallahu 'alaihi wa sallam mennjawab," Para Nabi, kemudian yang semisalnya dan semisalnya lagi. Seseorang akan diuji dengan kondisi agamanya. Apabila agamanya begitu kuat (kokoh), maka semakin berat pula ujiannya. Apabila agamanya lemah, maka ia akan diuji sesuai dengan kualitas agamanya. Seorang hamba senantiasa akan mendapatkan cobaan hingga dia berjalan di muka bumi dalam keadaan bersih dari dosa."

5. Yakinlah dibalik kesulitan ada kemudahan
          "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" (QS. Alam Nasyroh:5)

6. Hadapilah cobaan dengan bersabar
          "Sabar dan iman adalah bagaikan kepala pada jasad manusia. Oleh karenanya, tidak beriman (dengan iman yang sempurna), jika seseorang tidak memiliki kesabaran." (Ali bin Abi Tholib)

7. Bersabarlah di awal musibah
          "yang namanya sabar itu dimulai ketika awal ditimpa musibah". (Nabi Muhammad). Jadi sabar yang sebernya bukanlah ketika telah mengeluh lebih dahulu diawal musibah.

8. Yakinlah bahwa pahala sabar begitu besar
          "Susungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas." (QS. Az Zumar:10)

9. Ucapkanlah "Inna lillahi wa inna ilaihi rooji'un"
          "Siapa saja dari hamba yang tertimpa sesuatu musibah lalu mengucapkan: "Inna lillahi wa inna ilaihi rooji'un. Allahumma'jurnii fii mushibatii wa akhlif lii khoirin minhaa [Segala sesuatu adalah milik Allah dan akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah ganjaran terhadap musibah yang menimpaku dan berilah ganti dengan yang lebih baik]". (Nabi Muhammad)

10. Instropeksi diri
          Musibah dan cobaan boleh jadi disebabkan dosa-dosa yang pernah kita perbuat. "Dan apa saja Musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri." (QS. Asy Syura:30)

11. Jangan cepat putus asa
         Putus asa adalah temannya syetan dan putus asa sangat dimurkai oleh Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar