Jumat, 14 Februari 2014

Ciri-ciri Penduduk Surga


1. Orang yang memiliki kualitas keimanan kepada Allah dan beramal soleh/amal yang benar.
“Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir di bawahnyasungai-sungai. Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dari surga, mereka berkata, ‘Inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu,’ mereka telah diberi (buah-buahan) yang serupa. Dan di sana mereka memperoleh pasangan-pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al Baqarah:25)

Unsur-unsur amal sholeh ada 4 yaitu:
- Ilmu (oarang yang memiliki ilmu)
- Niat yang benar karena Allah
- Sabar
- Ikhlas

2. Bertakwa
“Katakanlah, ‘Maukah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?’ Bagi orang-orang yang bertakwa (tersedia di sisi Tuhan mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai,mereka kekal di dalamnya, dan pasangan-pasangan yang suci, serta ridha Allah. Dan Allah Maha Melihat hamba-hamba-Nya.” (QS. Ali Imran:15)
Bertakwa meliputi:
- Bertakwa kepada Allah
- Menjaga dari siksa-Nya
- Mentaati Allah
- Membenarkan berita yang datangnya dari Allah

3. Taat kepada Allah dan Rasul-Nya
“Itulah batas-batas (hukum) Allah. Barang siapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, Dia akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, merka kekal di dalamnya. Dan itulah kemenangan yang agung.” (QS. An Nisa:13)
“Hanya ucapan orang-orang mukmin, yang apabila mereka diajak kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul memutuskan (perkara) di antara mereka, mereka berkata, ‘Kami mendengar, dan kami taat.’ Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. An-Nur:51)

4. Kita cinta dan benci seseorang atau sesuatu karena Allah SWT.
“Engkau (Muhammad) tidak akan mendapatkan suatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu bapaknya, anaknya, saudaranya atau keluarganya. Mereka itulah orang-orang yang dalam hatinya telah ditanamkan Allah keimanan dan Allah telah menguatkan mereka dengan pertolongan yang datang dari Dia. Lalu dimasukkan-Nya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun merasa puas terhadap (limpahan rahmat)-Nya. Merekalah golongan Allah. Ingatlah, sesungguhnya golongan Allah itulah yang beruntung.” (QS. Al-Mujadilah:22)

5. Berinfak di kala senang dan susah, serta membelanjakan hartanya di jalan Allah.
“(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Ali Imran:134)

6. Memiliki hati yang bersih
“(yaitu) pada hari (ketika) harta dan anak-anak tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih.” (QS. Asy-Syu’ara’:88-89)
Hati yang bersih meliputi:
- Hati yang bersih yang bebas dari bid’ah
- Yang melaksanakan sunnah
- Hati yang bersih dari syirik dan keragu-raguan
- Hati yang bebas dari kekafiran dan kemunafikkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar